Rabu, 11 Agustus 2010

Pura Ponco Sono Giri

Pada tanggal 26 Juli 2010…Pura ini melaksanakan piodalan dimana bertepatan juga dengan rampungnya renovasi padmasana. Saya sendiri saja agak mengkuatirkan usaha ini, karena para pengempu pura ini boleh dikatakan kelas ekonomi menengah kebawah (termasuk saya sih… hehehehe). Tapi sekali lagi oleh kekuatanNya dan usaha pengempu pura maka jadilah perenovasian padmasana pura ini.


Pura ini membawa nilai tersendiri bagi saya pribadi, karena di tempat inilah saya dibersihkan dan menyadarkan saya tentang karma saya yang sangat hina. Dengan model yang sederhana, membuat hati saya terenyuh… Beliau yang mulia, agung saja mau duduk di kursi yang sederhana begini… mau mendengarkan keluhan orang-orang yang tidak berkelas begini. Sungguh pura ini dapat melukiskan kemahaanNya… Maha segalanya untuknya.


Sejerah pura ini sangat atik… di sekitar pura ini terdapat sebuah punden yang dipercayai oleh masyarakat disekitar sana sebagai peninggalan kerajaan. Jadi tiap hari tertentu maka semua masyarakat itu berkumpul dan membawa sesajen. Melihat gelagat/corak masyarakat itu, maka PHDI mencoba untuk meluruskan agar ritual-ritual yang beresensi suci tersebut agar tidak disalah gunakan.


Namun usaha tersebut tidak mudah seperti membalikkan tangan saja. Banyak rintangan-rintangan dari saudara-saudara kita yang beropini bahwa itu adalah langkah melegalkan kemusrikan. Namun karena kegigihan dan pendekatan-pendekatan yang dilakukan umat Hindu, maka direstuilah pembangunan pura di area punden tersebut oleh Bapak Camat saat itu… Astungkara deh… terwujudlah satu rumah lagi untuk Sang Hyang Widhi Wasa, sehingga umat/masyarakat di sekitar pura tersebut yang hendak berexpresi mengabdi kepadaNya, tidak usah jauh-jauh. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa umat dari non Hindu yang tetap taat untuk mengaturkan sesajen di punden itu.





















*)

Karena saya tidak bisa memberikan alamatnya dengan jelas, maka saya akan memberikan memberikan point GPSnya. BT = 112,702729°, LS = 7,277650° - Ini adalah posisi tepat saya bersembahyang (Lihat Peta). Saya mengharap bagi yang membaca postingan ini atau umat Hindu, maka kunjungi pura ini, dan jangan lupa Bantulah pura ini dengan kemampuan anda miliki, bisa dengan pikiran, tenaga, kasih, ataupun harta.