Selasa, 17 November 2009

Pura Jagad Dumadi – Laban – Gresik

Sesungguhnya pada hari Minggu, 15 Nopember 2009, aku akan melewatinya dengan biasa-biasa saja. Tanpa terpikir mau jalan-jalan, rekreasi, atau bekunjung ke sanak saudara. Tetapi entah mengapa kok tiba-tiba terbesit di pikiranku untuk memanfaatkan mobil kantornya mas, dimana pada hari tersebut kebetulan ada dirumahku. Rupanya pikiranku tersebut rupanya mendapatkan dukungan dari bapak & ibuku. Disini, bila kucermati, sudah ada sesuatu yang aneh (tidak masuk akal), karena bapakku adalah orang yang malas banget untuk jalan-jalan atau keluar, bagi dia, rumah adalah istananya yg termegah…hehehe


Tapi saat itu belum terpikir, kemana kita akan pergi. Sehingga kami pun juga bingung, lagipula yang jadi drivernya juga belum ada alias belum pulang dari kerja. Disini kemungkinan untuk batal atau gagal, sangatlah banyak. Jadi niat untuk jalan-jalan tidaklah menggebu-gebu. Jam 12.25, mas Dispan datang dari kerjanya, ini berarti driver nya sudah ready… Oleh karena itu bapakku menggugah niatku lagi…. Ya udah, “Namun kemana?”, tanyaku ke Bapak. Bapak bilang, “Bagaimana kalau ke Gresik? Ke Daerah Bongso”. Daerah ini memang sering kudengar pada saat aku datang di Pura Ponco Sono Giri, namun kami tidak tahu dimana ancer-ancernya. Akhirnya bapakku cari-cari informasi tentang lokasi daerah Bongso tersebut. Setelah tahu… lalu dengan menyebut AUM AWIGNAM ASTU NAMO SIDEM, berangkatlah kami menuju ke daerah yg diinformasikan itu.


Sesampai di daerah Menganti, ketimbang nantinya terlalu jauh tersesatnya maka mas ku tanya kepada seorang ibu. Didalam dialognya, mas ku bertanya “Bu, tau pura di daerah ini?”. Ibu itu langsung menjawab “Oh dekat… langsung saja masuk di gang itu”, sambil menunjukkan arah gang…. Bergeraklah kami kearah yang ditunjuk ibu itu… Dan ketemulah Pura yang bernama Jagad Dumadi. Pura yang tidaklah terlalu besar, dan dihimpit rumah-rumah penduduk, dimana seolah-olah pura itu ada untuk memberi kedamaian di sekitarnya.


Masuklah kami ke pura itu… di mandala madya (jabe tengah)nya ada dua bale, bale kanan berisi alat-alat gamelan. Dan yang membuat terkejut, di bale kirinya ada ruang operasi radio. Jadi dibuat semacam tempat kerja penyiar atau stasiunnya. Menurut ibu yang bekerja saat itu, radio ini bernama radio “Sradha”. Berdirinya radio ini atas usaha umat-umat sendiri, akunya. Wah… detak kagumku pada kemauan umat-umat Hindu di wilayah tersebut. Kemudian aku, ibu, dan bapakku masuk ke mandala utama, disana aku melihat suasananya telah terbangun cukup bagus. Ditengah-tengahnya ada 2 pohon beringin yang kurasakan ada getar aura yang cukup terasa. Kami terus berjalan untuk mendekati padmasana dan duduk untuk bersembahyang atau mengaturkan syukurku kepada Hyang Widhi bahwa dengan kekuatanNya aku bisa menapakkan kakiku di pura ini.


Seperti biasa, setelah kami bersembahyang, bapak berdialong sama penjaga puranya. Dari kata-katanya, terlihat untuk berdirinya pura ini ternyata melewati masa yang cukup panjang sekali. Dan tak terhitung lagi berapa banyak jerih payah umat-umat yang tercurah ke pura Jagad Dumadi ini. Pada awalnya pura ini masih berupa sanggar kecil yg tepatnya diapit oleh 2 pohon beringin sebelum menuju Padmasana. Terus setiap ada yang menjual tanah di sekitar sanggar tersebut, dibelilah oleh umat-umat Hindu di sekitar wilayah itu. Jadi urunanlah mereka dan tentu dapat donator-donatur dari berbagi sumber. Sehingga dapat dibayangkan betapa tulus iklasnya mereka. Mendengar kata-kata seperti itu, aku merasa kecil banget… jujur saja mungkin aku kalau berdana punia semacam begitu, harus berpikir banyak kali… hehehehe. Tapi kuharap lewat media ini, aku bisa membantu pura Jagad Dumadi… Tapi kesemua itu, kembali lagi pada Hyang Widhi… Dia telah menunjukkan kekuatanNya bahwa Dia memang ada dan ajaran-ajaranNya melalui Veda benar adanya.







*)

Karena saya tidak bisa memberikan alamatnya dengan jelas, maka saya akan memberikan memberikan point GPSnya. BT= 112,618817°, LS= 7,299656° - Ini adalah posisi tepat saya bersembahyang. Saya mengharap bagi yang membaca postingan ini atau umat Hindu yang diberi rejeki yang melimpah olehNya, maka sisihkan rejeki anda untuk pura ini. Jadi mari kita bantu!!